Pengaruh rokok bagi kesehatan mempunyai efek negatif (merugikan) terutama dapat merusak sistem pernafasan (paru-paru) , sistem syaraf, Impotensi dan Serangan Jantung.

Ada keterkaitan antara sistem pernafasan (Respirasi) dengan Sistem Reproduksi, Sistem syaraf dan sistem Peredaran Darah (Sirkulasi) baik secara langsung maupun tidak langsung.  Udara yang terkontaminasi Racun dari asap rokok masuk ke paru-paru, alveolus (bagian dari paru-paru) terjadi pertukaran gas, dari alveolus  oleh darah menuju keseluruh tubuh. Racun Rokok dapat menyebakan  kerusakan jaringan dan organ , sehingga menganggu metabolisme tubuh. (komposisi Rokok: Gambar diBawah).

1 paru-paru perokok (kanan) dan tidak perokok (kiri ).  Bebagai upaya  untuk  melarang konsumen perokok,  namun terbentur oleh adanya daerah produsen tembakau. berbagai alasanpun muncul. pabrik rokok terancam gulung tikar, PHK buruh pabrik  secara langsung memukul petani tembakau . pilihan ibarat seperti mata koin. disatu sisi toek menjaga kesehatan orang banyak , disatu sisi juga untuk hajat hidup petani tembakau dan buruh pabrik.

labsolusi dapat terpecahkan apabila ada kerjasama disemua pihak. Petani tembakau sebaiknya menganti tembakau dengan jenis tanaman lain yang mempuyai nilai ekonomi tinggi, serta Pemerintah mendirikan pabrik pengolahannya  . Sedangkan pecandu rokok  perlu adanya rehabilitasi kesehatan. Apabila hal tersebut dapat terlaksana program pengalihan bebas rokok dapat tercapai, walaupun memerlukan kurun waktu tertentu.

Iklan